Journey to Pangandaran #1

Ohayou gozaimasu minnasan!

Dengan mengucap rasa syukur beribu kali, akhirnya gue bisa posting cerita pengalaman gue fieldtrip mata kuliah Manajemen Kawasan Konservasi ini, padahal sebelumnya gue kira ga bakal selamet sampe rumah lagi. hahaha..


Okey, begini kisahnya...

Dimulai dari waktu keberangkatan (Jumat/ 291011)
Kami serombongan kelas minor-SC MKK yang terdiri dari mahasiswa ARL, ESL, dan DHH ngumpul di depan bank BNI jam 19.30an, sengaja memilih perjalanan pada waktu malam karena selain saving waktu juga bisa sekalian saving duit buat bayar penginapan (kan tidur di dalem bis hehe). Abis baca doa sama-sama, baru sekitar pukul 20.15 kami berangkat. Gue sama Ikin (temen gue se-ARL) ga kebagian kursi bareng ARL lain, alhasil kami duduk di kursi sisa paass di belakang supir bareng ka Angin. Semilir angin dan gerimis malam mengiringi perjalanan kami.

Di dalem bis gue cerita-cerita ama ikin, trus tidur, tapi tidur gue ga tenang. Gilaa ni bis kenceng parah! beberapa kali nyaris 'nyerempet' dan gagal menyalip apapun di depannya, mau mobil biasa, bis, truk, tronton..  apalagi pas lewat jalur Nagreg yang tracknya mirip rollercoaster! tapi yasudahlah. gue pasrah..lanjut tidur :P

Alhamdulillah, jam 5 pas gue bangun kami udah nyampe gerbang Pantai Pangandaran. lalu kami semua turun nyari tempat solat subuh, kebetulan ga jauh dari situ ada masjid. selesai solat, rombongan bis nunggu mobil APV yang masih di daerah manaa gitu lumayan jauh. Akhirnya setelah hampir 1,5 jam nunggu mereka dateng juga. perjalanan diteruskan ngelewatin jalan kampung gitu yang agak sempit. sampai akhirnya di belokan kesekian terlihat bentangan pantai Pangandaran. wuaaaahh! *-*

Turun dari bis, kami menuju resort (Wisma Rengganis) yang jaraknya 750 meter dari welcome area. sesampainya di sana, kami disambut segerombolan makaka (Macaca fascicularis) dan Tommy (Rusa) yang sedang mencari makan di depan resort, sumpah unyuuu bangett!

Sabtu, 301011, 09.00 WIB

Okeeey, saatnya berangkaat!!
Setelah beristirahat sejenak, kami berkumpul di lawn depan untuk mendengarkan penjelasan dan pengarahan dari pengelola TWAP. Baru sekitar jam 9 kami meneruskan perjalanan untuk praktikum (?). 
Jalur yang kami tempuh sekitar 4 KM (mungkin lebih) adalah CA (darat) - CA (pantai) - TWA dan berakhir di resort.  Di sepanjang jalan kami ngelewatin blok tanaman obat, blok bukit Teletubbies, gua-gua bersejarah, blok bahari, dan pastinya pantai pasir putih Pangandaraan >,< pokonya hantu foto banget dah di sana! :p

Ga gampang ngelewatin track-nya, kepeleset sedikit bisa ngegelinding ke jurang di bawahnya. Apalagi track CA yang turun - naik, licin, dan gersang. kaki uda mau copot semua rasanya. oia, pas mau pulangnya gue sempet ngeliat bunga Rafflessia padma! hihi... banyaak banget, kecil kecil tapi, sayangnya uda pada kuncup lagi :(

13.00 WIB
Sampailah di wisma kita semua ISHOMA plus plus (plus tidur maksudnya, hehe). tapi ga lama, soalnya kita semua mesti keliling untuk praktikum "yang sebenernya":( WHAT?! yang tadi tuh cuma intro-nya aja ternyata biar kita semua mengetahui, mengerti, merasakan, dan ikut melestarikan kekayaan alam Pangandaran. Huftt cepe deeh -___- Tapi untunya, kelompok gue kebagian jalur TWA-nya, hehe.. bagi-bagi tugaslah kita, gue sama partner gue nginvent dan moto-motoin fasilitas, yang lainnya wawancara, ngukur-ngukur jalan, deelel.

Kejadian lucu..
Banyak banget kejadian lucu di sana, dari yang bikin parno sampe bikin ngakak ketawa. sebenernya ini pengalaman temen gue sama makaka di sana. beberapa kisahnya seperti berikut ini..
1) temen gue yang lagi asyik mandi di kamar mandi wisma tiba-tiba digedor dan didobrak pintunya sama si makaka itu, haha, kaget banget katanya.
2) ada lagi, beberapa temen gue yang lagi jalan di jembatan (lupa namanya) dikejar-kejar segerombolan makaka yang liarnya melebihi makaka depan resort. ukurannya juga lebih gede. saking takutnya dan sepi banget mereka lari tapi tasnya keburu dijambret sama si makaka, alhasil beliau ngeluarin isi tasnya, dan you know, dia ngambil vicks, buka tutupnya, jilat-jilat isinya! hahaha..

This is it!



























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars SD Insan Kamil

#25 Facts about IPB