Sukabumi Trip #1

Rabu kemarin gue diajak HSA's students (maksud? pikir sendiri :p) trip ke Sukabumi. sebenernya sih rencananya uda lama pengen kesana, tapi baru kesampean. modus utama gue pun actually pengen nyobain kereta jurusan Bogor-Sukabumi yang uda ada dari jaman Belanda dulu. rencana perjalanan pun disusun sedemikian rupa. dan yesss! akhirnyaa gue ngerasain naik kereta non-listrik juga (selain kereta Solo-Yogyakarta) hahaha >.<

Jam 7.30 pagi kami berlima: gue, azka, ka vandra, momo, dan tyo uda stay tune nungguin KA Pangrango di Stasiun Paledang. ya, kereta jurusan Bogor-Sukabumi ini memang tidak diberangkatkan dari Stasiun Besar Bogor (walapun pada kenyataannya dipo kereta ada di sana). mungkin untuk menghindari penumpukan penumpang dan kereta. apalagi jadwal pemberangkatan pagi hari memang selalu padat.

Ga lama kereta pun datang. berbekal tiket kelas 'ramah kantong berpendingin' seharga 20 ribu, akhirnya perjalanan pun dimulai. well, it's so amazing! bisa dibilang sepanjang mata memandang, perjalanan Bogor-Sukabumi jauh beda banget sama Bogor-Jakarta. kalo yang diliat selama perjalanan Bogor-Jakarta adalah view urban yang didominasi oleh hamparan gedung hingga slum area, view Bogor-Sukabumi ini adalah rural area yang sebagian besar terdiri dari sawah, sungai, perkampungan, sawah lagi, kebun campuran, dan begitu seterusnya hingga benar-benar tiba di Stasiun Kota Sukabumi. bahkan dari kereta gue bisa liat view gunung walat tempat gue fieldtrip dulu, hahaha. sungguh pemandangan yang memanjakan mata! >_< (sorry, no picture, lupa bawa camdig T_T silakan dibayangkan saja :D)

Jam 11 kami sampai di Kota Sukabumi. and you know, ternyata tata letak Stasiun Kota Sukabumi miriip bangeet sama Stasiun Besar Bogor! ya posisinya deket pasar, ya bangunannya, secara kasat mata semuanya mirip, cuma beda mdplnya aja. letak Stasiun Kota Sukabumi (+584 mdpl) dua kalinya letak mdpl-nya Stasiun Besar Bogor (+246 mdpl). tapi tetep Bogor lebih kece lah, hahaha. setelah foto-foto di sana, kami meneruskan perjalanan keliling alun-alun Kota Sukabumi. satu-satu spot yang mudah dijangkau dengan berjalan kaki kami sambangi, mulai dari lapangan olah raga, Gedung Joang 45, alun-alun, Masjid Agung, hingga Gedung Pendopo Kota Sukabumi (ikutin tour guide-nya aja lah yang orang Sukabumi asli :p).

Stasiun Kota Sukabumi
(wiznoerailfans.blogspot.com)

GEDUNG PENDOPO

Gedung Pendopo Kota Sukabumi adalah rumah dinas Walikota Sukabumi. letaknya di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. beruntung banget kita bisa masuk ke dalamnya, hehe (makasi mamanya ka vandra ^^). gedungnya cukup luas. di dalamnya terdri dari ruang tamu yang luas memanjang (mirip ruang tamu di Istana Bogor itu loh) dihiasi ornamen-ornamen khas, jajaran kursi, lukisan, lengkap dengan foto-foto para mantan Walikota Sukabumi, ruang rapat, kamar-kamar tidur khusus walikota dan tetamu, taman, dll.

Gedung Pendopo Kota Sukabumi
 (panoramio.com)

Dari sana, perjalanan dilanjutkan ke Situ Gunung. tapi sebelumnya, kami mampir ke rumah ka Vandra dulu. bisa ditebak, di sana kami numpang ngadem, makan, minum, nyemil, ke kamar mandi, plus sekalian jemput Vinessa (adenya ka Vandra) dan makanan buat piknik, hahaha. oya, acara trip to Sukabumi ini full disponsori oleh keluarganya ka Vandra loh, hihihi..mulai dari akomodasi selama di Sukabumi sampe konsumsi piknik di Situ Gunung :') terima kasih banyaak.