Fieldtrip Pangandaran-Kampung Naga #1

Untuk kesekian kalinya, saya menginjakkan kaki di tanah paling selatan Jawa Barat: Kabupaten Pangandaran. Sekedar flash back, pertama kali saya mengunjunginya tahun 2011 bersama teman-teman minor MK Manajemen Kawasan Konservasi dan MK Interpretasi Alam dalam rangka kegiatan fieldtrip di Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pananjung-Pangandaran (baca kisahnya di sini). Kedua, waktu ikut acara touring bersama rombongan tetangga sekampung awal tahun 2012. Ketiga, acara fieldtrip (lagi) MK Perencanaan Lanskap akhir tahun 2012 (baca kisahnya di sini). Keempat, acara fieldtrip (dan lagi) gabungan berbagai mata kuliah bersama teman-teman ARL-PSL Pascasarjana 2013 plus rekan KLH.

Kalo dibilang bosen ya bosen juga..
Terhitung tiga kali sudah saya mengunjungi tempat yang sama. Apalagi, sepertinya tidak ada perubahan yang berarti pada tapak sejak pertama kali saya ke sana, hampir semua sama. Hanya saja, keempat konsep kunjungan jauh berbeda satu sama lain. Ini yang membuat saya selalu tertarik hingga mengalahkan rasa bosan :)



Courtesy by HSA 2014

To be continued..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars SD Insan Kamil

#25 Facts about IPB