MeToday# magang hari pertama

Holaaa~ awalnya gue cuma iseng doang bilang mau magang karena diajak salah satu temen, eh ternyata malah beneran! hihi. Setelah mencari beberapa teman dan tempat magang yang sekiranya cocok, akhirnya kami mutusin buat apply ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor. Setelah survei ke sana, ternyata alhamdulillah pihak mereka mau nerima kita. Okelah, dengan senang hati gue sama nisa ngurus suratnya ke komdik ARL, tapi baru selesai tanggal 19 (padahal kita janjinya mau start magang tanggal 18). Akhirnya, kami sama-sama ke sana hari ini. Oia, kami magang bersembilan: gue, nisa, azka, ina, yoan, jannah, nunu, tio, dan asny.

Dengan berbekal seadanya, yaitu materi kuliah selama 5 semester yang entah 'nyangkut' ato ngga, kami mulai magang ini. Pertama kami ketemu sama 'Pak Ganteng' LPGE hehe, namanya pak arief. Beliau ngasih kita pengarahan awal mengenai tata tertib, proyek yang sedang dijalankan DKP beberapa bulan ke depan, dan peran kami (anak magang) dalam membantu proyek tersebut. Gue sempet bingung juga awalnya, ternyata aga beda sama tugas yang gue bayangin sebelumnya. Tapi setelah ada pengarahan lebih lanjut, makin jelas lah 'peranan kita' masing-masing.

Okey, tugas pertama adalah DIGITASI denah-denah hasil survei lapang para surveyor Dinas! Dan, di antara kita cuma ada tiga leptop (termasuk notebook gw yang ga ada software grafisnya). Akhirnya kami bagi-bagi tugas, ada yang ngerjain Acad dan Sketcup sampai akhirnya istirahat jumatan.

Jam 1, kami 'ngantor' lagi, nerusin kerjaan yang tadi ketunda. Akhirnya, pak dian selaku kepala Dinas (maybe) ngajak kita meeting, hehe (berasa orang penting). Di sana kita dijelasin lebih lanjut mengenai proyek pembuatan taman yang telah, masih, dan akan dilakukan. Ternyata banyaaaak banget taman yang mau dibangun, termasuk taman pulo (traffic island), median jalan, community park, ampe taman separator jalan yang super mini pun kena sasaran! Total taman yang dibangun ada 9 segmen, pas banget sama jumlah personel kami! haha, beruntunglah. Satu orang megang satu segmen (1 tapak), kecuali taman 2-3 dan yang pulo-pulo gitu banyaak banget jumlahnya serta letaknya yang juga tersebar dan berjauhan.

Hwaa~ berasa ngulang komgraf, TDL, dan TL lagi ini mah. Tapi yang pasti, ilmu arsitektur lanskap memang sangat diperlukan. Gue pribadi sangat merasakan hal itu ketika liat situasi tempat magang gue sekarang ini, terlebih sangat minimnya orang-orang yang ngerti lanskap secara 'kaffah' (walaupun gue masi dalam tahap belajar). Gue pengen pembangunan kota kelahiran gue dan kota-kota lainnya di Indonesia gak asal-asalan, asal indah, asal jadi, asal rapi, tapi harus mempertimbangkan aspek ekologis, sosial, budaya, fungsional, dan estetika tentunya.

Dan pastinya, kita pun berusaha memberikan yang terbaik buat Bogor, apalagi kita bawa nama IPB, khususnya ARL sekarang. So, kita ga mau sampe malu-maluin. Oke guys! LET'S GO! SHOW UP OUR SKILL! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars SD Insan Kamil

#25 Facts about IPB